Senin, 16 Mei 2022

 

 

SDT.BUKU.8

Budi Sampurno.April.1.




Perusahaan kalau sudah menjadi besar harus membetuk Departemen Public Relatinos, kalau dikalangan organisasi pemerintahan biasa di sebut dengan Bagian Hubungan Masyarakat di singkat Humas. Organisasi ini perlu sewaktu-waktu di ukur hasil kinerjanya, guna menentukan langkah selanjutnya. Baik untuk strategi Public Relations-nya maupun guna menentukan strategi perusahaan secara keseluruhannya.

Untuk mempelajari itu semua ada sebuah buku yang bisa di pakai sebagai pegangan, yaitu: COMMUNICATION MEASUREMEN. Buku ini di tulis oleh DODI M GOZALI, dengan editor REMA KARYANTI S, desainer sampul PRATAMA SETIA ILHAM Penerbit SIMBIOSA REKATAMA MEDIA, Jln. Srikania Raya no. 13 Bandung, e mail siramedia@yahoo.com.

Buku ini di cetak tahun 2005 di bulan Juni . Buku ini memang sudah lama terbitnya, tetapi bagi mereka yang ingin dan sedang belajar memahami tentang Kinerja Public Relations, penting untuk membaca.

Buku ini di susun dalam Sembilan BAB.

Pada Bab 1, dibicarakan tentang Pengukuran Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan, hal 1

Pada Bab  2. tentang Pengukuran Kinerja PR Komunikasi Perusahaan, hal 13

Pada Bab 3, tentang Model Model Public Relations, hal 21

Pada Bab 4. Tentang Model Model Riset Dan Evaluasi Public Relations, hal 25

Pada Bab 5. tentang Instrumen Pengukuran PR Dan Komunikasi Perusahaan, hal 41

Pada Bab 6. Tentang Survei, hal 51

Pada Bab 7. Tentang Media Content Analysis, hal 75

Pada Bab 8, Tentang Pengukuran Kinerja PR Melalui Metode Balanced Scorecard, hal 101

Pada Bab 9. Tentang Pengukuran PR pada Masa Mendatang, hal 123

Buku ini bersampul biru muda dengan judul lengkapnya COMMUNICATIONS MEASUREMENT. KONSEP DAN APLIKASI PENGUKURAN KINERJA PUBLIC RELATIONS.

Menurut penulis, tidak sedikit praktek PR di tanah air yang hanya berpijak pada akal sehat (common sense), dalam arti tidak memperhitungkan sama sekali ukuran-ukuran rasional yang bisa dipahami secara bersama. Implikasinya, sekalipun di anggap penting atau strategis, tetapi alokasi anggaran serta penyediaan sarana penunjang yang diperlukan sering tidak mencukupi.

Oleh karena itu, dengan membaca dan mempelajari buku ini akan sangat bermanfaat, sebab dalam buku ini diuraikan berbagai gagasan tentang pengukuran kinerja di bidang Public Relations berikut operasionalnya dalam praktek sehari-hari. (Budi Sampurno.Mak’skom.IPJT.16.5.2022)     

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar