SDT.BUKU.8
Budi Sampurno.April.1.
Perusahaan kalau sudah menjadi besar harus membetuk Departemen Public Relatinos, kalau dikalangan organisasi pemerintahan biasa di sebut dengan Bagian Hubungan Masyarakat di singkat Humas. Organisasi ini perlu sewaktu-waktu di ukur hasil kinerjanya, guna menentukan langkah selanjutnya. Baik untuk strategi Public Relations-nya maupun guna menentukan strategi perusahaan secara keseluruhannya.
Untuk mempelajari itu semua ada sebuah buku yang bisa di pakai sebagai pegangan, yaitu: COMMUNICATION MEASUREMEN. Buku ini di tulis oleh DODI M GOZALI, dengan editor REMA KARYANTI S, desainer sampul PRATAMA SETIA ILHAM Penerbit SIMBIOSA REKATAMA MEDIA, Jln. Srikania Raya no. 13 Bandung, e mail siramedia@yahoo.com.
Buku
ini di cetak tahun 2005 di bulan Juni . Buku ini memang sudah lama terbitnya,
tetapi bagi mereka yang ingin dan sedang belajar memahami tentang Kinerja
Public Relations, penting untuk membaca.
Buku
ini di susun dalam Sembilan BAB.
Pada
Bab 1, dibicarakan tentang Pengukuran Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan, hal 1
Pada
Bab 2. tentang Pengukuran Kinerja PR
Komunikasi Perusahaan, hal 13
Pada
Bab 3, tentang Model Model Public Relations, hal 21
Pada
Bab 4. Tentang Model Model Riset Dan Evaluasi Public Relations, hal 25
Pada
Bab 5. tentang Instrumen Pengukuran PR Dan Komunikasi Perusahaan, hal 41
Pada
Bab 6. Tentang Survei, hal 51
Pada
Bab 7. Tentang Media Content Analysis, hal 75
Pada
Bab 8, Tentang Pengukuran Kinerja PR Melalui Metode Balanced Scorecard, hal 101
Pada
Bab 9. Tentang Pengukuran PR pada Masa Mendatang, hal 123
Buku ini bersampul biru muda dengan judul lengkapnya
COMMUNICATIONS MEASUREMENT. KONSEP DAN APLIKASI PENGUKURAN KINERJA PUBLIC
RELATIONS.
Menurut penulis, tidak sedikit praktek PR di tanah air
yang hanya berpijak pada akal sehat (common sense), dalam arti tidak
memperhitungkan sama sekali ukuran-ukuran rasional yang bisa dipahami secara bersama.
Implikasinya, sekalipun di anggap penting atau strategis, tetapi alokasi
anggaran serta penyediaan sarana penunjang yang diperlukan sering tidak
mencukupi.
Oleh karena itu, dengan membaca dan mempelajari buku ini
akan sangat bermanfaat, sebab dalam buku ini diuraikan berbagai gagasan tentang
pengukuran kinerja di bidang Public Relations berikut operasionalnya dalam
praktek sehari-hari. (Budi Sampurno.Mak’skom.IPJT.16.5.2022)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar