SDT.BUKU
10
Budi Sampurno.Juni.1.2022
Anda seorang manajer hiburan ?. Atau masih dalam belajar menjajaki manajemen dunia hiburan?. Tentunya anda bisa belajar secara otodidak, tetapi alangkah baiknya kalau anda juga mempelajari lewat buku-buku yang menguraikan penjelasan tentang dunia hiburan serta bagaimana mengelolanya agar anda tidak rugi tetapi malah mendapatkan keuntungan yang besar. Karena ketika kita sudah terjun ke dunia hiburan dan kita bertindak sebagai manajer, tentulah perlu pegangan pengetahuan. Yaitu berupa pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain yang sudah berhasil dalam kariernya. Banyak buku yang di tulis menguraikan pengalama penulisnya yang berhasil sebagai manajer hiburan. Salah satunya adalah buku yang berjudul MANAGING ARTISTS IN POP MUSIC.—KUNCI SUKSES ARTIS DAN MANAJER. Buku ini di tulis oleh MITCH WEISS dan PERRI GAFFNEY, dengan judul asli MANAGING ARTISTS IN POP MUSICS: WHAT EVERY ARTIST AND MANAGER MUST KNOW TO SUCCEED. Dalam terbitan Bahasa Indonesia diterjemah oleh DANIEL WIRAJAYA, S.S.
Buku
yang cukup menarik untuk di baca dan dipelajari diterbitkan oleh PT.GRAMEDIA
PUSTAKA UTAMA, Jln. Palmerah Barat 33-37, Lt.2-3 Jakarta. Tata letak oleh FITRI
YUNIAR; Desain sampul oleh AGUSTINUS P. Diterbitkan th 2005. Dan pertama
kalinya diterbitkan dalam Bahasa Indonesia.
Mari kita lihat buku ini yang di bagi dalam dua bagian dan terdiri dari 24 BAB
BAB 1. PERMULAAN
BAB 2. ENAM PERATURAN
MANAJEMEN
BAB 3. KOMISI DAN UANG MUKA
BAB 4. MENJADI MANAJER HIBURAN
BAB 5. HUBUNGAN
ARTIS/MANAJER: BISNIS, ETIKA DAN MUSIK
BAB 6. KONTRAK PERTUNJUKKAN
BAB 7. PAJAK
BAB 8. OBAT TERLARANG DAN
REHABILITASI
BAB 9. MEDIA DAN MANAJER
BAB 10. CITRA DAN PERS
BAB 11. WAWANCARA ARTIS DAN
PERS
BAB 12. MENCIPTAKAN CITRA YANG
DAPAT DI JUAL
BAB 13. DEMO DAN MATERI
BAB 14. MENANGANI BINTANG
BAB 15. MASALAH UANG
BAB 16. MENJADI BINTANG—HARI
KEDUA DI MULAI
BAB 17. RENCANA LIMA TAHUN
BAB 18. PARA DIVA YANG
BERSAING
BAB 19. KRISIS JAM 03.00—HARI
KE TIGA
BAB 20. SIAPA SANGKA
BAB 21. PERJANJIAN
ARTIS-MANAJEMAN DILENGKAPI ANALISIS
BAB 22. CONTOH PERJANJIAN
PEMESANAN PERJALANAN
BAB 23. CONTOH SURAT UNTUK
KONTRAKTOR INDEPENDEN
BAB 24. CONTOH RINGKASAN TRANSAKSI
REKAMAN DENGAN PERUSAHAAN
BESAR DILENGKAPI ANALISIS
Penulisnya memberikan catatan, bahwa dia
menulis buku ini karena ingin membeberkan kehidupan sehari-hari manajer hiburan
yang bekerja dalam arena musik pop yang menarik dan penuh kekacauan. Dan
manajemen bukan sekedar membuat perjanjian tetapi harus mendapatkan keberhasilan dan kebahagiaan
dari perbuatan kita. Bisnis kita adalah membantu penyanyi, musisi, dan penulis lagu untuk mencapai hal yang
sama. Dari sinilah kita mendapatkan uang.(Budi Sampurno.Mak’skom.IPJT.1.6.2022)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar