Rabu, 01 Juni 2022

 

 

SDT.BUKU 10

Budi Sampurno.Juni.1.2022



Anda seorang manajer hiburan ?. Atau masih dalam belajar menjajaki manajemen dunia hiburan?. Tentunya anda bisa belajar secara otodidak, tetapi alangkah baiknya kalau anda juga mempelajari lewat buku-buku yang menguraikan penjelasan tentang dunia hiburan serta bagaimana mengelolanya agar anda tidak rugi tetapi malah mendapatkan keuntungan yang besar. Karena ketika kita sudah terjun ke dunia hiburan dan kita bertindak sebagai manajer, tentulah perlu pegangan pengetahuan. Yaitu berupa pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain yang sudah berhasil dalam kariernya. Banyak buku yang di tulis menguraikan pengalama penulisnya yang berhasil sebagai manajer hiburan. Salah satunya adalah buku yang berjudul MANAGING ARTISTS IN POP MUSIC.—KUNCI SUKSES ARTIS DAN MANAJER. Buku ini di tulis oleh  MITCH WEISS dan PERRI GAFFNEY, dengan judul asli MANAGING ARTISTS IN POP MUSICS: WHAT EVERY ARTIST AND MANAGER MUST KNOW TO SUCCEED. Dalam terbitan Bahasa Indonesia diterjemah oleh DANIEL WIRAJAYA, S.S.

Buku yang cukup menarik untuk di baca dan dipelajari diterbitkan oleh PT.GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA, Jln. Palmerah Barat 33-37, Lt.2-3 Jakarta. Tata letak oleh FITRI YUNIAR; Desain sampul oleh AGUSTINUS P. Diterbitkan th 2005. Dan pertama kalinya diterbitkan dalam Bahasa Indonesia.

Mari kita lihat buku ini yang di bagi dalam dua bagian dan terdiri dari 24 BAB

BAB     1. PERMULAAN

BAB     2. ENAM PERATURAN MANAJEMEN

BAB     3. KOMISI DAN UANG MUKA

BAB     4. MENJADI MANAJER HIBURAN

BAB     5. HUBUNGAN ARTIS/MANAJER: BISNIS, ETIKA DAN MUSIK

BAB     6. KONTRAK PERTUNJUKKAN

BAB     7. PAJAK

BAB     8. OBAT TERLARANG DAN REHABILITASI

BAB     9. MEDIA DAN MANAJER

BAB   10. CITRA DAN PERS

BAB   11. WAWANCARA ARTIS DAN PERS

BAB   12. MENCIPTAKAN CITRA YANG DAPAT DI JUAL

BAB   13. DEMO DAN MATERI

BAB   14. MENANGANI BINTANG

BAB   15. MASALAH UANG

BAB   16. MENJADI BINTANG—HARI KEDUA DI MULAI

BAB   17. RENCANA LIMA TAHUN

BAB   18. PARA DIVA YANG BERSAING

BAB   19. KRISIS JAM 03.00—HARI KE TIGA

BAB   20. SIAPA SANGKA

BAB   21. PERJANJIAN ARTIS-MANAJEMAN DILENGKAPI ANALISIS

BAB   22. CONTOH PERJANJIAN PEMESANAN PERJALANAN

BAB   23. CONTOH SURAT UNTUK KONTRAKTOR INDEPENDEN

BAB   24. CONTOH RINGKASAN TRANSAKSI REKAMAN DENGAN PERUSAHAAN

                 BESAR DILENGKAPI ANALISIS

Penulisnya memberikan catatan, bahwa dia menulis buku ini karena ingin membeberkan kehidupan sehari-hari manajer hiburan yang bekerja dalam arena musik pop yang menarik dan penuh kekacauan. Dan manajemen bukan sekedar membuat perjanjian tetapi  harus mendapatkan keberhasilan dan kebahagiaan dari perbuatan kita. Bisnis kita adalah membantu penyanyi, musisi,  dan penulis lagu untuk mencapai hal yang sama. Dari sinilah kita mendapatkan uang.(Budi Sampurno.Mak’skom.IPJT.1.6.2022)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar